Ina Rachman : Inilah Pentingnya Mendaftarkan Merk ke HKI – Qnet

ina herawati rachman tersangka Qnet

Ina Rachman : Usaha baru terus bermunculan di Indonesia layaknya jamur yang tumbuh di musim hujan. Hal ini merupakan kondisi yang sangat bagus, karena semakin banyak calon entrepreneur di Indonesia. Semakin banyak jumlah entrepreneur, maka semakin makmur Negeri tersebut dan ini menandakan jika Indonesia sebentar lagi akan menjadi negeri yang lebih makmur.

ina herawati rachman tersangka Qnet

Semangat anak muda untuk membangun sebuah usaha atau saat ini lebih dikenal dengan start-up memang sangat tinggi sekali. Akan tetapi, Jika hanya bermodalkan semangat maka usaha yang dirintis tidak akan berjalan dengan baik. Diperlukan juga ilmu-ilmu usaha yang bisa didapatkan melalui para mentor atau coach.

ina herawati rachman tersangka Qnet

Bicara terkait ilmu usaha. Saat ini sudah banyak sekali bermunculan content creator yang berfokus untuk membagikan ilmu terkait dengan usaha atau enterpreneurship. Misalnya saja terkait dengan cara pemasaran, cara mengurus pajak, cara mengurus legalitas usaha, cara memperbesar usaha, cara mendaftarkan merk ke HKI, dan masih banyak lainnya.

ina herawati rachman tersangka Qnet

Bahkan Anda juga bisa dengan mudah mencari motivasi berdasarkan pengalaman pengusaha-pengusaha yang telah sukses menjalani usahanya. Itu merupakan sebuah pemicu semangat ketika Anda merasa lelah dengan usaha yang telah dijalani.

Mendaftarkan Merk ke HKI adalah Wajib

Banyaknya usaha kreatif yang muncul saat ini sayangnya tidak dibarengi dengan sosialisasi terkait Hak Kekayaan Intelektual atau HKI. Padahal peran HKI dalam suatu usaha sangat penting apalagi di era digital saat ini. Seperti yang diketahui,  di era ini hampir semua usaha pasti tidak terlepas dari digitalisasi dan semuanya memiliki keunggulan masing-masing dan keunikan.

ina herawati rachman tersangka Qnet

Untuk melindungi keunggulan dan keunikan, maka diperlukan perlindungan yaitu dengan mendaftarkan usaha di HKI. Pendaftaran ke HKI bisa berupa berbagai macam, misalnya saja merk, logo, paten, desain industri, dan lain sebagainya. Pastikan Anda melindungi semua hal yang berkaita dengan bisnis Anda yang kemungkinan besar dapat dicuri oleh orang lain.

Tidak Daftar HKI, Siap-Siap Merk Usahamu Dicuri

Karena sudah tidak terhitung lagi jumlah usaha yang telah sukses dan dikenal banyak orang tetapi belum didaftarkan ke HKI, baik dari merk, logo, paten, dan lain sebagainya, sehingga keunikan dan nilai dari usahanya diambil oleh orang lain dan diakuisisi dengan mendaftarkannya ke HKI.

Tentu kondisi ini sangat merugikan pelaku usaha yang telah berhasil membangun usahanya susah payah. Oleh karena itu, agar terhindar dari tindakan-tindakan kecurangan dalam dunia usaha tersebut, maka sebelum memutuskan untuk memperbesar skala usaha, pastikan semua hal yang perlu dilindungi telah didaftarkan di Dirjen Ki.

Perusahaan Ini Tersendat Karena Tidak Daftar HKI di Indonesia

Anda juga harus mengetahui apa saja kasus yang berkaitan dengan kekayaan intelektual ini. Misalnya saja perusahaan furniture asal Swedia yaitu IKEA. Mereka ingin membuka bisnisnya di Indonesia, akan tetapi jalan mereka tidak mulus, karena tersandung dengan izin dan merk IKEA yang sudah dipatenkan di Indonesia oleh pihak lain. Kemudian Ikea harus menyelesaikan masalah ini ke meja hijau agar mereka dapat berbisnis di Indonesia.

Merk adalah Identitas Usaha

Pada umumnya, dalam melindungi kekayaan intelektual suatu usaha, merk sudah sangat mewakili. Mengapa demikian? Ini karena merk bisa menjadi sebuah identitas usaha. Bahkan merk juga memiliki nilai terhadap usaha kita.

Contoh sederhananya adalah merk-merk yang sudah terkenal seperti Adidas, Nike, Apple Samsung, dan lain sebagainya. Baju polos dengan logo Adidas dengan baju polos tanpa logo harganya sudah berbeda sangat jauh, padahal dari segi kualitas bahan kedua baju polos itu sama. Hal ini terjadi karena merk Adidas sudah sangat terkenal dan bagi pemakainya mereka merasa telah menggunakan barang yang mewah.

Dengan demikian, mendaftarkan merk akan sangat membantu Anda dalam menjalankan usaha. Adapun beberapa keuntungan jika mendaftarkan merk ke HKI yaitu:

  1. Dapat menstabilkan nilai kualitas produk dan nilai usaha
  2. Sebagai identitas khas sehingga lebih mudah diingat oleh pelanggan
  3. Sebagai alat promosi yang sangat efisien. Jika logo dari merk usaha yang Anda gunakan begitu khas, maka orang-orang akan langsung teringat usaha, misalnya saja logo berbentuk centang dari Nike
  4. Menjaga kepercayaan serta loyalitas pelanggan serta memiliki jangkauan pemasaran yang jauh lebih baik

Namun untuk mendaftarkan merek ke HKI bukanlah perkara yang mudah. Sangat disarankan untuk menggunakan jasa terkait agar pendaftaran merk usaha dapat berlangsung dengan mudah dan cepat.

Selain itu, dengan penggunaan jasa ini, ketika merk Anda ada masalah, maka Notaris yang bertanggung jawab terhadap pendaftaran merk usaha Anda akan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dan bertindak sebagai pelindung dan penasehat hukum. Dengan demikian, Anda harus memilih dengan sangat cermat layanan pendaftaran HKI. Pastikan yang sudah terkenal sangat ahli dan profesional terkait dengan HKI.

Salah satu kantor hukum dan kantor konsultan yang telah diakui secara internasional dan menyediakan layanan seputar legalitas termasuk pendaftaran HKI adalah Maestro Law Office. Jadi, segera hubungi mereka jika ingin berkonsultasi atau ketika ingin mendaftarkan merk dan sejenisnya ke HKI.

Share