Ina Rachman : Bagaimana Cara Membuat Surat Perjanjian ? Arti Tersangka Sesuai KUHP | Qnet

ina rachman qnet

Ina Rachman – Dalam berbisnis, maka tidak akan pernah terlepas dari kerjasama. Akan tetapi, ada masalah yang sering kali terjadi di dalam kerjasama, misalnya saja terkait dengan penipuan, penggelapan, dan beberapa kasus lainnya. Oleh karena itu, agar terhindar dari kondisi yang sangat tidak diharapkan tersebut, maka harus membuat surat perjanjian bisnis.

ina rachman qnet

Sebenarnya, perjanjian bisnis dapat dilakukan hanya dengan lisan. Akan tetapi, hal ini justru dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi yang tidak pernah diharapkan seperti disebutkan sebelumnya. Memang, apabila sudah percaya dengan mitra, maka perjanjian bisnis cukup diutarakan dengan lisan dan diperkokoh dengan rasa saling percaya.

ina rachman qnet

Akan tetapi, lebih baik jika kerjasama tersebut didokumentasikan dalam perjanjian tertulis. Dengan demikian, risiko-risiko yang telah disebutkan di atas, dapat diatasi dan diminimalisir serta memiliki kekuatan hukum. Lantas bagaimana cara membuat surat perjanjian bisnis? Apakah sama dengan surat perjanjian yang lainnya?

ina rachman qnet

Surat perjanjian bisnis tentu berbeda dengan surat perjanjian yang lainnya. Ada beberapa elemen yang wajib dimuat dalam surat perjanjian ini. Adapun elemen-elemen ini, seperti tanggal, info kontak, nama proyek, kontribusi, dan kontribusi lainnya. Kita akan membahas masing-masing elemen tersebut, setelah Anda mengetahui pentingnya membuat surat perjanjian bisnis.

ina rachman qnet

Apa Itu Perjanjian Bisnis?

Mungkin masih ada yang belum mengerti, apa itu perjanjian bisnis. Perjanjian ini adalah bukti tertulis yang menunjukkan adanya ketertarikan dan keinginan dari kedua pihak atau lebih untuk bekerja sama atau berkolaborasi dalam mengerjakan suatu proyek bisnis. Pada umumnya, dalam perjanjian ini berisi deskripsi dari sebuah proyek yang akan dilakukan.

Deskripsi ini juga menyebutkan kontribusi dari masing-masing pihak. Misalnya saja, Anda ingin membuat perjanjian kerjasama untuk bisnis udang. Di dalam proyek tersebut, Anda berperan sebagai pembudidaya.

Kemudian Anda menjalin kerjasama dengan pengusaha yang bergerak di bidang pakan, pengusaha yang bergerak di bidang obat-obatan, kemudian pengusaha pasca produksi dan pengusaha lainnya yang berkaitan dengan bisnis udang.

Dengan demikian, surat perjanjian ini dapat memperjelas peran dari setiap pihak terkait yang turut serta dalam proyek yang dijalankan dan disetujui bersama ini. Perjanjian ini bersifat mengikat, sehingga setiap pihak harus mematuhi semua kesepakatan yang telah tertulis di surat perjanjian.

Waktu yang Tepat untuk Membuat Surat Perjanjian Bisnis

Lalu pada saat apa Anda membutuhkan surat perjanjian kerjasama usaha? Ternyata ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda membuat surat perjanjian ini, yaitu:

  1. Ketika ingin berkolaborasi dengan pelaku usaha lainnya
  2. Ada pelaku usaha yang ingin bekerja sama dengan usaha Anda
  3. dan Anda ingin mengerjakan suatu proyek bersama-sama dengan dua pihak atau lebih, seperti contoh kasus bisnis udang yang disebutkan sebelumnya.

Elemen Wajib di Surat Perjanjian Bisnis

Sekarang mari kita membahas terkait elemen-elemen yang wajib disertakan dalam surat perjanjian bisnis. Berikut adalah informasi dari masing-masing elemen tersebut.

  1. Tanggal

Tanggal di sini merupakan keterangan waktu yang menunjukkan mulai berlakunya surat perjanjian bisnis yang Anda buat beserta tanggal berakhirnya kerjasama. Misalnya saja untuk bisnis udang, Anda mencantumkan tanggal 16 Februari sebagai awal berlakunya surat perjanjian ini dan tanggal 16 Juli sebagai akhir dari berlakunya surat perjanjian ini.

  1. Info Kontak

Elemen ini berisi informasi mengenai pihak-pihak yang turut serta dalam proyek yang akan dikerjakan. Misalnya saja untuk proyek udang, di mana dibutuhkan pihak penyedia pakan, pihak penyedia obat-obatan, pihak pengelola pasca produksi, dan pihak-pihak lainnya. Pastikan semua informasi terkait pihak yang bersangkutan ditulis secara detail.

  1. Nama Proyek

Nama proyek merupakan identitas dari proyek yang sedang dijalankan secara umum. Oleh karena itu, sangat jarang sekali nama proyek disisipkan dengan nama perusahaan, karena kerjasama umumnya dilakukan dengan beberapa perusahaan atau bisa juga perorangan. Contohnya saja untuk nama proyek udang adalah “Produksi Udang Bersama Periode 1”

  1. Kontribusi

Bagian ini merupakan detail dari kontribusi pihak-pihak yang terlibat dalam suatu proyek. Pastikan Anda menuliskan secara detail masing-masing kontribusi dari pihak yang terlibat. Jika perlu hingga dipecah menjadi kontribusi utama dan kontribusi spesifik.

Misalnya saja, untuk pihak yang bertanggung jawab dalam membudidayakan udang, maka pihak ini memiliki kontribusi spesifik yaitu memberi makan, merawat, mengobati, dan semua hal terkait budidaya udang. Untuk kontribusi utamanya adalah memproduksi udang hingga panen.

  1. Kontribusi Lainnya

Kontribusi lainnya yang dimaksud adalah kontribusi diluar dari peran utama masing-masing pihak. Misalnya saja kontribusi secara finansial, material, lahan, dan penyediaan sumber daya manusia dari setiap pihak yang terlibat dalam proyek.

Membuat surat perjanjian bisnis memang tidak mudah dan harus dilakukan dengan sangat teliti. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki proyek bisnis besar dan membutuhkan surat perjanjian bisnis, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada pihak yang ahli dalam membuat surat perjanjian tersebut, misalnya saja Maestro Law Office.

Maestro Law Office sudah sangat terkenal dengan kemampuan mereka dalam menyelesaikan semua hal terkait legalitas dan termasuk diantaranya adalah membuat surat perjanjian bisnis. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuat surat perjanjian tersebut, maka sangat disarankan untuk menggunakan jasa dari Maestro Law Office.

Share Button