Ina Rachman : Apa Itu Hukum Keluarga? Berikut Ulasannya | Arti Tersangka Sesuai KUHP | Qnet

ina rachman tersangka qnet

Ina Rachman : Hukum terbagi menjadi dua jenis, yaitu hukum pidana dan hukum perdata. Hukum pidanamerupakan hukum yang berkaitan dengan kepentingan umum dan berdampak secara langsung kepada pelanggarnya atau pelaku tindak pidana. Contoh-contoh pelanggaran dalam hukum pidana misalnya mengganggu ketertiban umum.

ina rachman tersangka qnet

Sedangkan hukum perdata lebih menitikberatkan kepada hubungan antar perorangan. Dengan demikian, hukum perdata bersifat privat. Mungkin sebagian besar orang lebih memahami terkait dengan hukum pidana. Tetapi tidak jarang pula ada yang salah mengkatagorikan apakah pelanggaran yang dilakukan termasuk dalam ranah hukum pidana atau hukum perdata.

Selain itu, hukum perdata juga mungkin tidak diketahui oleh banyak orang, bahwa di dalamnya sebenarnya terdiri dari 4 bagian ,yaitu hukum tentang diri seseorang, hukum keluarga, hukum kekayaan, dan hukum waris. Dari keempat bagian ini mungkin hukum keluarga yang jarang diketahui.

ina rachman tersangka qnet

Pengertian Hukum Keluarga

Oleh karena itu kita akan membahas terkait hukum keluarga yang menjadi bagian dari hukum perdata. Pertama-tama, kita akan membahas terkait pengertian hukum keluarga.  Sesuai dengan namanya, hukum keluarga merupakan hukum yang mengatur hubungan yang bersumber pada pertalian kekeluargaan.

ina rachman tersangka qnet

Namun, sebelum membahas lebih jauh terkait hukum keluarga, apakah Anda mengetahui definisi keluarga menurut undang-undang yang berlaku?  Berdasarkan Pasal 1 Butir 3 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami, istri, dan anaknya atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya atau keluarga sedarah dalam garis lurus ke atas atau ke bawah sampai derajat ketiga.

ina rachman tersangka qnet

Hubungan keluarga dapat terjadi karena hubungan perkawinan dan hubungan darah.  Hubungan semenda merupakan sebutan dari hubungan keluarga yang terjadi karena adanya hubungan perkawinan, misalnya saja ipar, mertua, menantu, dan anak tiri. Kemudian untuk hubungan darah adalah hubungan dengan bapak, ibu, kakek, nenek, anak cucu, cicit, dan seterusnya.

Bidang dalam Hukum Keluarga

Ada beberapa bidang yang menjadi bagian dari hukum keluarga. Berikut adalah bidang-bidang yang dimiliki oleh hukum keluarga.

  1. Perkawinan

Perkawinan merupakan salah satu hal yang diatur dalam hukum keluarga dan termasuk menjadi bagian dari hukum perdata. Perkawinan diatur dalam bab IV hingga bab IX Buku 1 KUHPer. Di dalam hukum ini juga termasuk dengan harta benda perkawinan, yaitu hubungan harta benda antara suami dan istri.

Ketentuan yang ada dalam bab tersebut telah diubah dengan adanya undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 mengenai pokok-pokok perkawinan yang bersifat nasionalis. Peraturan ini digunakan untuk menggantikan hukum perkawinan yang bersumber dari hukum barat.

  1. Kekuasaan Orang tua

Mungkin sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa kekuasaan orang tua ternyata memiliki hubungan hukum. Kekuasaan yang dimaksud adalah antara orang tua dan anak mereka, baik yang sah maupun yang disahkan yang tercantum dalam Bab XII buku 1 KUHPer.

  1. Perwalian 

Hubungan hukum antara Wali dan anak yang di bawah perwaliannya ternyata juga diatur dalam hukum keluarga yaitu tertuang pada bab XV buku 1 KUHPer.

  1. Pengampuan atau Curatele

Pengampuan atau curatele adalah hubungan hukum antara kurator dan orang yang berada di bawah pengampuannya atau kuradus. Hubungan ini tertuang pada bab XVII buku 1 KUHPer.

Apakah Hukum Waris Termasuk dalam Hukum Keluarga?

Hukum waris berbeda dengan hukum keluarga, akan tetapi saling terkait. Di atas telah disebutkan jika hukum perdata terbagi menjadi 4 bagian dan hukum waris menjadi bagian tersendiri. Dengan demikian, ada perbedaan antara hukum keluarga dan hukum waris.

Sebenarnya hukum waris termasuk dalam bagian dari hukum harta benda yang ada di dalam hukum keluarga.Oleh karena itu, hukum waris memiliki hubungan erat dengan hukum keluarga dan hukum harta benda. Akan tetapi hukum waris diberikan tempat tersendiri di samping kedua hukum tersebut.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui sedikit mengenai hukum keluarga secara umum?. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan Anda terkait hukum keluarga. Apabila Anda membutuhkan konsultan hukum terkait dengan hukum keluarga atau hukum perdata, maka Anda bisa menghubungi Maestro Law Office.

Maestro Law Office merupakan salah satu kantor hukum dan kantor konsultan yang menyediakan layanan untuk menyelesaikan hukum perdata. Tidak hanya itu saja, mereka juga ahli dalam hukum pidana dan semua hal terkait legalitas. Jadi Apabila Anda membutuhkan bantuan terkait hukum pidana, hukum perdata, maupun terkait legalitas, maka Maestro Law Office adalah pilihan pertama Anda.

Share