Mau Coba Buat Warug Kopi? Begini Tipsnya!

Warung Kopi

Warung Kopi –  Memiliki bisnis sendiri memang menjadi dambaan banyak orang. Ada juga orang yang bangga dengan bisnis yang dibangun meski masih sederhana. Menurut mereka “yang penting milik sendiri, tidak bekerja untuk orang lain”.

Anda ingin memiliki bisnis kopi sendiri tapi belum memiliki pandangan akan seperti apa. Mungkin Anda bisa mulai mengikuti sekolah barista Jogja. Yuk ikuti tips berikut ini.

  • Jangan hanya diangan, ayo segera mulai

Membuka usaha kopi bisa dikatakan usaha yang susah-susah gampang, hanya saja mungkin saat ini akan lebih mudah karena sedang menjadi bisnis yang sedang tren. Sebelum membuka usaha yang satu ini memang diperlukan konsep yang matang. Anda bisa membuat konsep dan keperluan yang dibutuhkan sebelum memulai.

Setelah mendapat konsep dan peritungan modal kedepannya, Anda perlu menanamkan dalam diri Anda bahwa ini bukan hanya sekedar mimpi belaka. Setiap orang memiliki kesempatan untuk membangun usaha kopi seperti yang diimpikan. Anda hanya perlu memulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya, mulai survey tempat, harga alat dan kopi dari supplier, dan lain-lain.

  • Sesuaikan Dengan Modal

Bicara soal modal memang menjadi hal yang sedikit sensitif, jika terkendala dengan modal usaha solusi terbaik adalah merubah pola pikir. Mimpi untuk memiliki warung kopi yang besar dan mewah memang sah bagi siapa saja, namun dalam eksekusinya pasti tia orang berbeda.

Untuk meminimalisir kegagalan, Anda bisa membuat konsep yang lebih sederhana. Jika sudah memiliki konsep yang benar matang, agar tidak tersendat karena masalah modal, Anda bisa menggantinya dengan yang lebih sederhana. Jadi, tubuh Anda tetap bergerak untuk merealisasikan untuk menggapai mimpi tersebut. Usaha yang hanya dimimpikan akan terwujud apabila Anda memulai dari hal-hal yang kecil.

  • Sabar

Memulai usaha sederhana cobaannya ada di bulan-bulan awal. Biasanya dibulan-bulan awal ini muncul rasa tidak sabar. Anda akan berpikiran gagal diawal.Muncul pula pemikiran sepeerti ekspektasi pengunjung tak sebanyak yang dibayangkan. Ingatlah, semuanya membutuhkan proses.

Anda bisa manfaatkan bulan-bulan awal ini untuk menganalisa bagaimana  keadaan pasar. Anda juga bisa manfaatkan sebagai modal untuk mengatur strategi pasar. Mintalah pendapat orang-orang sekitar untuk mereview, sehingga Anda dapat memahami letak kekuarangan warung kopi Anda.

  • Jangan Berhenti Untuk Belajar

Sebagai orang yang baru mulai belajar berbisnis, sepatutnya Anda terbuka dengan masukan dari orang lain. Tentu hal ini guna mengoptimalkan usaha yang sedang Anda bangun. Jika memang Anda membutuhkan pelatihan barista atau management coffee shop, ikutilah.

Anggaplah ini sebagai investasi jangka panjang. Dimana Anda dapat mengembangkan cita rasa di kedai kopi Anda. Dari pelatihan tersebut, Anda dapat berinovasi  untuk membentuk karakter sendiri kedai Anda, sehingga  warung kopi yang sedang Anda rintis memiliki daya jual tersendiri.

Jika Anda membutuhkan tempat untuk berkonsultasi tentang kopi dan kedai kopi. Saya memiliki sebuah rekomendasi yang cocok untuk Anda. Tempat yang pas untuk mengadu dan belajar seputar dunia kopi. Tempat tersebut adalah Coday Coffee Lab & Roastery. Disana Anda dapat mengikuti kelas barista dan juga management coffee shop.

Demikianlah tips bagi Anda yang sedang ingin merintis usaha warung kopi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Share